Gejala Kanker Rahim

Gejala Kanker Rahim – Rahim merupakan organ inti reproduksi wanita yang bisa membantu untuk menampung bayi pada di sebut juga dengan hamil. Dan rahim juga bisa memiliki sel yang tidak normal atau mengalami perubahan pada sel di dalam rahim karena kondisi seperti itu yang akan menyebabkan penyakit kanker rahim. Perubahan sel yang normal menjadi tidak normal akan dikenal dengan sel kanker, dan sel tersebut bisa menyebabkan kerusakan jaringan tubuh oleh karena itu penyakit kanker rahim juga penyakit yang serius. Di indonesia sendiri banyak yang menderita penyakit kanker rahim, penderitanya lebih banyak wanita di usia lanjut di bandingkan usia muda namun wanita muda juga memiliki potensi untuk menderita penyakit kanker rahim. Di rahim ada bagian bagiannya, dan yang paling sering terdapat sel kanker atau mengalami perubahan sel kanker pada bagian mulut rahim atau leher rahim, dan kondisi tersebut jika dialami juga di sebut dengan penyakit kanker servik, yang merupakan kanker ganas yang mengerikan.

kanker rahim

kanker rahim

Penyakit kanker rahim bisa bisa dialami karena di sebabkan oleh virus, seperti penyakit menular. Karena penyebab virus yang mengakibatkan penyakit kanker rahim merupakan virus hpv yang juga akan menyebabkan penyakit kelamin, namun beda tipe virus hpv yang bisa menyebabkan penyakit kanker rahim. Maka dari itu kesehatan vagina penting sekali di jaga dengan baik untuk tidak terinfeksi oleh kanker rahim. Infeksi virus vagina dan masuk ke saluran dalam vagina maka virus tersebut lama kelamaan akan menginfeksi bagian rahim sehingga terjadilah penyakit kanker rahim yang awalnya menyebabkan perubahan sel di dalamnya.

perubahan sel yang normal menjadi sel kanker juga bisa di picu oleh hal lain dan tidak harus dengan virus saja, tetapi juga bisa di picu oleh gaya hidup yang tidak sehat, makan makanan yang tidak sehat, tidak olahraga, stress, dan sering merokok merupakan gaya hidup yang tidak sehat dan dapat memicu kanker rahim. Aktif berhubungan seksual di usia yang terlalu dini juga bisa memicu penyakit kanker rahim.

Gejala Kanker Rahim

Kanker rahim dapat di picu oleh hormon, perubahan hormon yang di sebabkan oleh terapi hormon atau menggunakan alat kb pil bisa jangka panjang bisa memberikan efek berupa penyakit kanker rahim sehingga kondisi seperti itu yang akan menyebabkan bagian rahim mengalami perubahan sel secara perlahan lahan. Seperti yang telah di jelaskan diatas, wanita yang telah melakukan hubungan seksual di usia yang masih muda bisa meningkatkan risiko penyakit kanker rahim, selain itu melahirkan di usia muda juga bisa menyebabkan kanker rahim. Karena risiko besar penyakit kanker rahim di miliki oleh wanita yang telah aktif melakukan hubungan seksual.

Jika ada perubahan sel sel yang normal menjadi sel pra kanker dan menjadi sel kanker di tahap awal pada penyakit kanker rahim tidak terlalu di sadari oleh wanita karena gejalanya tidak terlalu menonjol. Karena tidak di sadari sejak dini, maka sel kanker bisa semakin berkembang dan lama kelamaan akan menyebar dan meningkatkan keparahan penyakit kanker rahim. Di kondisi seperti itu atau pada tahap lanjutan penyakit kanker rahim baru akan muncul gejalanya. Gejala kanker rahim yang akan muncul juga tidak terlalu banyak, berikut beberapa gejala kanker rahim :

  • Keputihan tidak normal, jika virus menginfeksi vagina dan mulai mengubah sel sel yang ada ada di dalam tubuh bisa menyebabkan gejala kanker rahim dengan adanya keputihan tidak normal. Keputihan tidak normal merupakan gejala kanker rahim, dengan adanya keputihan yang lebih kental, bau tidak sedap dan perubahan warna keputihan bisa dialami oleh penderita kanker rahim.
  • Nyeri pada vagina, bukan hanya akan menyebabkan keputihan tidak normal saja, tetapi gejala kanker rahim juga akan menyebabkan nyeri pada bagian vagina. vagina akan terasa nyeri atau juga sakit ketika buang air kecil seperti infeksi saluran kemih atau juga akan sakit pada saat berhubungan seksual.
  • Pendarahan, rasa nyeri pada saat berhubungan seksual di sebabkan oleh bagian dalam vagina di infeksi oleh virus, dan gejala kanker rahim yang nyeri saat melakukan hubungan seksual juga akan menyebabkan pendarahan terkadang. Dan pendarahan pada gejala kanker rahim juga bisa terjadi walaupun sudah menopause atau pun bukan di waktu dan siklus menstruasi.
  • Penurunan berat badan, wanita yang menderita penyakit kanker rahim juga memiliki berat badan ringan karena penurunan nafsu makan dan berat badan bagian dari gejala kanker rahim juga.

Apabila kondisi sudah seperti diatas sebaiknya melakukan pemeriksaan pap smear yang merupakan tes untuk mengetahui sel di dalam vagina atau rahim yang mengalami perubahan sehingga jika ada sel tidak normal seperti sel pra kanker atau sel kanker bisa langsung diketahui dan akan diatasi dengan segera. Melakukan tes pap smear juga tidak perlu menunggu gejala kanker rahim, karena yang baik pemeriksaan tersebut di lakukan secara teratur setiap beberapa bulan untuk wanita yang melakukan hubungan seksual secara aktif, sehingga dapat di deteksi dan selalu terpantau perubahan sel di dalam tubuh.

Gejala Kanker Rahim


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in gejala kanker rahim and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.