Kanker Rahim dan Pencegahannya

Kanker Rahim dan Pencegahannya – Jenis penyakit yang paling umum dan paling menakutkan bagi para wanita yaitu kanker rahim. Dengan berkembangnya kanker para rahim akan membuat seorang wanita akan menjadi tidak dapat hamil, dan ada yang lebih parah dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Yang lebih menakutkan adalah hasil dari sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga peduli kanker, jumlah oenderita kanker adalah seperti dari seluruh penyakit kaker yang sangat berkembang di Indonesia. Tidak hanya itu, data dari WHO atau World Heallth Organization menyebutkan bahwa ribuan wanita dapat meninggal per tahunnya akibat menderita penyakit kanker rahim, sekaligus menjadi penyebab utama kematian wanita di dunia.

Kanker Rahim dan Pencegahannya

Kanker Rahim dan Pencegahannya

Rahim merupakan bagian penting dalam sistem reproduksi wanita. Salah satunya penyakit uang dapat menyerang organ ini adalah kanker rahim. Jenis kanker ini juga lebih sering di sebut dengan kanker endometrium karena umumnya muncul dengan menyerang sel sel yang membentuk dinding rahim atau istilah medisnya endometrium. Kanker ini juga dapat menyerang otot otot di sekitar rahim sehingga membentuk sarkoma uteri. Tetapi jenis penyakit ini sangat jarang terjadi.

Gejala Awal Kanker Rahim

  • Pendarahan

Pendarahan yang terjadi pada saat menstruasi adalah normal,  namun jika pendarahan terjadi yang lebih cukup sering, misalnya pada saat berhubungan, bahkan diiringin rasa sakit ketika sedang buang air kecil, maka anda harus segera melakukan check up ke dokter yang terdekat.

Keputihan ini memang sangat normal pada wanita, namun jika berlebihan atau keluar dalam jumlah yang banyak maka sebaiknya anda harus mulai memperhatikan lebihh jelas lagi. Cermati apakan cairan yang keluar akan berubah menjadi sangat kental, mengeluarkan bau yang tidak sedap, dan berwarna kehijauan atau abahkan kecoklatan.

  • Pembengkakan pada kaki

Aktivitas virus HPV salag syatunya adalah akan terlihat ssecara fisik dengan terjadinya pembengkakan pada area sekeliling kaki.

  • Rasa sakit pada daerah ke wanita

Rasa sakit akan lebih sering muncul pada saat virus HPS berkembang dan telah berhasil menyerang pada sistem kekebalan tubuh wanita. Tidak hanya pada daerah khusus kewanitaan saja, rasa sakit ini akan meluas ke area bagian bawah perut, persendian panggul, paha dan ketika susah buang air besar.

Kanker Rahim dan Pencegahannya

  • Hubungan Seks Terlalu Dini

Hubungan seks idealnya di lakukan setelah seorang wanita benar benar matang. Ukuran kematangan bukan hanya dapat di lihat dari dia menstruasi atau belum. Tapi juga lebihh tergantung pada kematangan sel sel mukosa yang terdapat di selaput kulit dalam bagian ronggo tubuh. Umumnya sel sel mukosa baru matang setelah wanita tersebut berusia 20 tahun ke atas. Jadi, seorang wanita yang menjalin hubungan seks pada usia remaja paling rawan bila dilakukan di bawah usia 16 tahun.
Hal ini berkaitan dengan kematangan sel-sel mukosa pada serviks si wanita. Sel sel mukosa pada serviks belum matang. Artinya, masih rentan terhadap rangsangan sehingga tak siap menerima rangsangan dari luar. Termasuk zat-zat kimia yang dibawa sperma. Lain hal bila hubungan seks dilakukan kala usia sudah di atas 20 tahun, dimana sel sel mukosa tak lagi terlalu rentan terhadap perubahan. Karena masih renta, sel sel mukosa bisa berubah sifat menjadi kanker. Sifat sel akan selalu berubah setiap saat mati dan tumbuh lagi. Karena ada rangsangan, bisa saja sel yang tumbuh lebih banyak dari sel yang mati, sehingga perubahannya tak seimbang lagi. Kelebihan sel ini akhirnya bisa berubah sifat menjadi sel kanker.

  • Kekurangan Vitamin C

Pola hidup dengan mengkonsumsi makanan tinggi lemak pun akan membuat orang tersebut melupakan zat zat gizi lain, seperti beta karoten, vitamin C, dan asam folat. Padahal kekurangan ketiga gizi tersebut bisa menyebabkan kanker serviks. Beta karoten, citamin C, dan asam folat dapat memperbaiki atau meperkuat mukosa di serviks. Jika anda kekurangan zat gizi tersebut akan mempermudah dengan rangsangan sel sel mukosa tadi menjadi penyebab kanker. Kanker rahim dan pencegahannya dengan mengkonsumsi beta karoten banyak terdapat di dalam wortel, vitamin C terdapat dalam buah buahan berwarna orange, sedangkan asam folat terdapat dalam makanan hasil laut.

  • Menjauhi Rokok

Ini peringatan paling penting buat wanita perokok. Kecuali mengakibatkan penyakit pada paru-paru dan jantung, kandungan nikotin dalam rokok pun bisa mengakibatkan kanker serviks (leher rahim). Nikotin akan mempel rmudah semua selaput lendir sel-sel tubuh bereaksi atau menjadi terangsang, baik pada mukosa tenggorokan, paru-paru, juga serviks. Sayangnya tidak diketahui pasti seberapa banyak jumlah nikotin dikonsumsi yang bisa menyebabkan kanker serviks. Tapi, mengapa harus ambil risiko, lebih baik tinggalkan segera rokok jika kita ingin terbebas dari kanker.

  • Melakukan pencucian vagina

Melakukan pencucian vagina agar terhindar dari kanker rahim dan pencegahannya, penggunaan obat obatan antiseptik tertentu. Kebiasaan mencuci vagina bisa menimbulkan kanker serviks, baik obat cuci vagina antiseptik maupun deodoran. Couching atau cuci vagina dapat beresiko meyebabkan iritasi di serviks, iritasi yang berlebihan atau terlalu sering akan merangsang terjadinya perubahan sel, yang akhirnya menyebabkan kanker. Sebaiknya dengan melakukan pencucian vagina dengan bahan kimia sebaiknya jangan dilakukan secara rutin, bila ada indikasi seperti, infeksi yang memang memerlukan pencucian dengan zat zat kimia dengan saran dokter. Jangan sembarangan memberli obat obatan yang di jual dengan bebas untuk pencucian vagina. Pada pembersihan yang umumnya akan membunuh kuman Basillys doderlain di vagina yang memproduksi asam laktat untuk dapat mempertahankan pH vagina,bila pH vagina tidak seimbang lagi di vagina, maka kuma seperti jamur dan bakteri akan mempunyai kesempatan hidup di tempat tersebut, yang akan dapat menimbulkan banyak penyakit lainnya.

Kanker Rahim dan Pencegahannya


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in kanker rahim. Bookmark the permalink.

Comments are closed.